Pages

uzy12. Powered by Blogger.

proposal kewirausahaan

PROPOSAL PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Dokter Lampu (Servise & Jual aneka lampu second bergaransi)
 

Diajukan kepada :
Drs.H. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
Disusun oleh :
Nama Mahasiswa : M.Fauzi Rizal
NIM : 12.8481

Pendahuluan
Ø LATAR BELAKANG


Usaha Dokter Lampu merupakan salah satu bentuk usaha yang cukup menjanjikan. Di era serba cepat kebutuhan manusia akan waktu sangat diperlukan keefektifan kita mengelola dan memanejemen semua aktivitas rumah tangga membuat masyarakat ingin serba hemat dalam urusan penerangan,misalnya dalam urusan pembelian lampu, mereka cenderung memilih yang terang, murah dan berkualitas, dan ketika lampu mati para mahasiswa dan masyarakat mau memanfaatkan kembali barang tersebut agar bisa di gunakan kembali .mereka enggan untuk membuang lampu yang sudah mati dan lebih mempercayakannya kepada jasa tukang servise atau Dokter Lampu dengan alasan menghemat biaya .Tentunya dengan di servise di tempat kamilah yang di nilai lebih bisa menghemat keuangan. Disamping bergaransi, juga harga murah dan berkualitas. Usaha ini akan kami beri nama “ DOKTER LAMPU” dengan slogannya “ Servise & Jual Aneka Lampu Murah Bergaransi”, kami berharap melalui usaha ini kami akan memberikan pelayanan-pelayanan yang tidak lazim diberikan pada usaha-usaha sejenisnya, kedepannya kami berinisiatif usaha ini dapat memberikan corak yang berbeda di dunia kewirausahaan. Dari uraian singkat diatas kami merumuskan beberapa hal sebagai berikut yang melatar belakangi kami untuk mulai merintis usaha ini:


1. Memanfaatkan gaya hidup hemat
2. Perubahan gaya hidup dan tuntutan kebutuhan.
3. Kondisi pruduk lampu di toko saat ini cenderung tidak awet ,oleh karenanya banyak yang membeli lampu di tempat kami yang jika tidak awet bisa di tukar lagi.
4. Trend hidup untuk memanfaatkan barang bekas agar bisa di gunakan kembali

Oleh karena itu kami berniat merintis usaha Lampu yang lain dari pada yang lain, dimana kami mengusung servise dan jual lampu second yang bertemakan mahasiswa , yaitu sebuah layanan jasa servise yang menyesuaikan harga dengan kantong mahasiswa tanpa mengurangi sedikitpun kepuasan dan kualitas. Selain itu, kami juga akan membuat perpustakaan mini di tempat usaha guna menciptakan lingkungan yang edukatif dimanapun dan kapanpun bagi para pelanggan, terkhusus untuk mahasiswa. Sistem pemangkasan harga tersebut adalah sesuatu yang tidak mustahil selama keuntungan yang didapatkan adalah keuntungan relative dan sifatnya kontinyu untuk kelangsungan usaha ini

Ø TUJUAN USAHA

Tujuan dari Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:

1. Merintis wirausaha Dokter Lampu ini sebagai fasilitas untuk masyarakat khususnya mahasiswa dan Masyarakat dalam mengefektifkan barang bekas dan memanajemen uang agar lebih hemat
2. Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari bisnis ini,karna masih jarang usaha bisnis seperti ini

Ø MANFAAT USAHA

Sedangkan manfaat usaha yang dapat diperoleh dalam jangka 6 bulan kedepan adalah:
1. Terwujudnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata untuk mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja melalui usaha Dokter Lampu ini, mengingat usaha ini memiliki potensi yang besar.


2. Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu menghadapi persaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.
3. Terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya tempat penunjang kebutuhan sehari hari seperti usaha Dokter Lampu ini.

PEMASARAN

A. Wilayah pemasaran
Wilayah pemasaran yang kami pilih adalah di sekitar kos-kos yang berada di kawasan kampus Universitas Islam Indonesia, kami memilih wilayah tersebut didasari dengan meningkatnya permintaan pasar akan tempat-tempat jasa Servise lampu dan jual aneka lampu second murah bergaransi. Kami akan hadir sebagai sarana yang dapat mempermudah kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar khususnya mahasiswa dan masyarakat sekitar. Namun tidak menutup kemungkinan apabila kelak usaha ini dapat berkembang dengan pesat, kami berniat untuk melebarkan sayap di lokasi-lokasi strategis lainnya.


B. Targeting(sasaran) konsumen dan Positioning
· Targeting
Yang menjadi target market adalah masyarakat dan mahasiswa pondokan sekitar kawasan kampus kampus yang ada di UII. Mengapa kami memilih target pemasaran tersebut karena menurut analisis pasar yang ada menunjukkan bahwa rata rata masyarakat sekitar tingkat trend untuk hidup hemat dan memanfaatkan barang bekas agar bisa di gunakan bertempat tinggal di sekitar kampus.

· Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat usaha Dokter Lampu yang berkualitas dengan harga yang pas.


C. Strategi pemasaran
· Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (hasil Servise dan kepuasan konsumen dalam konsumen), dengan kata lain harga lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing toko yang menjual lampu baru. Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.


· Strategi Promosi

1. Publikasi jasa Dokter Lampu untuk promosi dilakukan melalui media cetak(koran,mading-mading kampus, dll), ini semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan. Selain itu, kami juga akan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpun dalam dunia bisnis usaha Dokter Lampu ini .
2. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, dan penekanan pada pendekatan perorangan.
3. Memberikan bonus bonus kepada pelanggan yang sering kali melakukan transaksi.

· Strategi pelayanan

1. Keramahan dan kesabaran terhadap pelanggan
2. Tempat yang dan nyaman.
3. Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
4. Menggunakan Merk yang tidak berkelas seperti philip, Osram,Panasonik dll

D. Analisis saingan

Kami melihat bahwa usaha sejenis ini belum ada di sekitar wilayah UII bahkan di Yogyakarta masih sedikit, maka kami melihat adanya peluang pasar dimana kami hadir sebagai usaha Dokter Lampu yang memiliki nilai special seperti harga jual jasa yang terjangkau, kualitas baik, Proses servise yang bisa di tunggu, konsumen dapat memilih jenis merk yang mau di gunakan, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan layanan one day service (satu hari selesai). Selain itu kami juga memberikan garansi sampai dengan satu tahun

ASPEK TEKNIS
A. Kapasitas produk/jasa
Peralatan-peralatan standar usaha Dokter Lampu yang perlu disediakan adalah sebagai berikut
1. 2 unit tang
2. 1 unit souldier
3. 2 unit obeng
4. 1 unit multi tes
5. 1 bh media promosi (banner, spanduk, brosur)
6. 1 bh meja servise
7. 1 bh rak lampu
8. Chemical Srevise (Timah,gondorukem ,Lem, dll)
B. Ketersediaan fasilitas/sarana produksi

Sarana dan prasarana
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, seperti didepan kompleks perumahan, didaerah asrama atau kost mahasiswa, atau berada dipinggir jalan utama. Dengan Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m, dengan asumsi kebutuhan ruang sebagai berikut:

- Ruang penerimaan pelanggan sekaligus ruang tunggu
- kursi tunggu

C. Ketersediaan bahan baku
Ketersediaan bahan baku seperti Lem, Timah, menjadi salah satu hal yang paling penting dalam mengembangkan usaha seperti ini. Bahan bahan baku tersebut banyak tersedia di toko-toko bangunan sekitar

D. Aspek SDM
ada sedikit konsentrasi ilmu yang diperlukan dalam usaha Dokter Lampu ini, cukup dengan 2 minggu keterampilan dan keahlian dalam menservise dan jual lampu ini bisa di kuasai demi memberikan pelayanan dan kepuasan terbaik kepada konsumen. Selain itu tata krama dan bersikap sopan santun terhadap konsumen juga salah satu penunjang untuk merintis usaha ini dengan baik.

KEUANGAN

A. JENIS-JENIS PEMBIAYAAN

1. Tempat
Sewa tempat ukuran 4x5 mtr (model petak/rolling door), 1 Tahun Rp 6.000.000
2. Alat servise
2(dua) unit soulder Merk Deko Kapasitas 60 watt, jenis pembelian adalah cash dengan biaya +/- Rp 60.000 per unit. Jadi untuk 2(dua) unit Rp 120.000, dan 2 obeng beserta tang dengan kisaran harga Rp 6000 per unit
3. Bahab-bahan
100 unit tl dan mesin bekas Merk , jenis pembelian adalah cash dengan biaya per unit sekitar 5000
4. Meja Servise
1(satu) buah meja , jenis pembelian Tunai Rp 250.000.
5. Kursi tunggu
4(empat) unit kursi dengan harga : Rp 45.000 per unit
6. Perlengkapan Servise
* timah satu gulung : Rp 32.000
* lem : Rp 10.000

7. Pembuatan Rak Lampu
Biaya material/pembuatan Rak pakaian 4 tingkat : Rp 1.200.000
* Biaya bisa lebih murah apabila kita membeli material sendiri dan membuat sendiri
8. Pembuatan Spanduk
Biaya pembuatan spanduk ukuran 200x45 cm : Rp 180.000
9. Biaya Mobilisasi
Perkiraan biaya mobilisasi berupa ongkos transport yang harus kami keluarkan untuk membeli seluruh perlengkapan : Rp.55.000
10. Tenaga Kerja
Gaji 1(satu) orang tenaga kerja pembantu per bulan 10 % dari opset penjualan dan servise

B. TOTAL PEMBIAYAAN
Jadi Total Modal Awal yang harus kami persiapkan untuk membuka usaha Dokter Lampu ukuran kecil dengan target adalah sebesar Rp 8.904.000